CERITRA MISTIK DIBALIK MELETUSNYA GUNUNG GALUNGGUNG 1982

CERITRA MISTIK DIBALIK MELETUSNYA GUNUNG GALUNGGUNG 1982

40 cangkir kopi buat galunggung

DAUN hanjuang dan bambu kuning kini menghiasi banyak rurmah penduduk Tasikmalaya. Dengan pajangan itu mereka berupaya meredakan kemarahan Gunung Galunggung. Menurut cerita, bambu kuning adalah senjata yang digunakan Raja Galuh ketika mengalahkan Raja Galunggung. Sedang daun hanjuang -- bentuknya serupa dengan pandan dan berwarna hijau kemerahan -- dianggap penjelmaan kujang emas (senjata asli Pajajaran) yang ditanam Raja Galunggung. Kedua kerajaan ini, Galuh dan Galunggung, memang dikenal dalam sejarah Pasundan. Syahdan, dalam pertempuran antara kedua raja itu -- entah kapan pula terjadinya -- Raja Galunggung terluka. Dia lari menyembunyikan diri, bertapa ke sebuah gunung terdekat. Dan dia sempat bersumpah "akan menuntut balas," demikian cerita Abu Sachrim, 56 tahun, juru-kunci sebuah pertapaan yang terletak di sebelah utara puncak Gunung Galunggung. Raja inilah yang kini disebut sebagai mBah Galunggung. 

Banyak orang percaya, gunung di Tasikmalaya itu meletus karena mBah Galunggung marah, hingga perlu "ditangkis" dengan memasang bambu kuning dan daun hanjuang. Menurut Abu Sachrim, pernah tujuh orang datang bertapa di puncak Galunggung. Setelah tiga bulan, para petapa itu menemukan enam keris pusaka milik Raja Galunggung. Mereka mengambil dan membawa pergi keris itu. Kemudian terjadilah letusan pertama Galunggung, 5 April. Merasa bersalah, para pertapa itu mengembalikan keris itu ke tempat ditemukannya. Ternyata gunung itu masih murka".Letusan Galunggung, berturut-turut selama empat bulan, membangkitkan berbagai "teori" aneh. Misalnya Aki Saftan, ahli kebatinan dari Desa Gunung Tanjung, Kecamatan Manonjaya, sempat dihubungi salah seorang pejabat Pemda Kabupaten Tasikmalaya. Menurut Aki Saftan, 50 tahun, masyarakat Tasikmalaya sudah ingkar, tidak mau bersedekah. Dia menganjurkan seekor sapi dari Kroya, Jawa Tengah harus dipotong oleh Bupati Tasikmalaya sendiri, kemudian dagingnya dan satu kuintal beras dibagi rata pada fakir miskin. "Galunggung harus diberi tepung lawung," ujar Aki Saftan dengan sungguh-sungguh. "Kalau tidak, Tasikmalaya akan menjadi sagara (danau)," tambahnya. 

Pernah pula (20 Mei) sekitar seratus orang datang ke Kampung Cikadu, Kecamatan Indihiang, Daerah Bahaya II. Mereka datang dari Bandung, Bogor, Cirebon, Sukabumi dan Ciamis dengan menggunakan delapan bis mini. Tepat tengah malam, malam Jumat Kliwon, 12 ekor domba dan seekor sapi yang mereka bawa disembelih di halaman masjid desa. Sebelum acara penyembelihan diadakan semadi dan pembacaan doa. Hadir pula sekitar 300 penduduk setempat, sebagian besar pengungsi yang tinggal di bedeng darurat. Rombongan pendatang itu dipimpin oleh Aki Syamsu, yang berasal dari Banten. Ia murid aliran kebatinan Madrais, Cigugur, Kuningan. Tahun 1970-an, aliran ini dilarang pemerintah, dan Aki Syamsu dikabarkan mendirikan aliran Hikmaliyah, yang kemudian tahun 1980 juga dilarang. Lalu sebagian anggotanya mendirikan perkumpulan baru "Iktikad baik." 

Seminggu setelah acara di Cikadu, seorang pendeta Budha bernama Adisurya membangun "makam mBah Galunggung" di rumahnya di Kompleks Pancasila, Tasikmalaya. Adisurya (terlahir Lai Khai Fong), 44 tahun, juga dikenal sebagai ahli tusuk jarum. Di depan rumahnya yang juga berfungsi sebagai kelenteng "Kue En She" didirikannya sebuah cungkup, berbentuk stupa, beratap sirap dengan lantai marmar putih. Ukurannya 4 x 4 meter. Di bagian tengah dibuat sebuah makam, dan di dekat "nisan" dipasang hio. Ada sepasang tempat pembakaran kertas di samping makam. Biaya pembangunan "makam": Rp 1,5 juta, berasal dari kantung Adisurya sendiri. Menurut istrinya, tatkala bersemadi pada suatu malam Adisurya mendapat wangsit agar membangun makam mBah Galunggung di depan rumahnya itu. Upacara peresmiannya (17 Juni) dihadiri sekitar 50 orang, berlangsung dari pukul 19.00 sampai 22.00. Dimulai dengan doa, disusul penanaman keris pusaka milik sang pendeta, lalu pemotongan tumpeng, upacara itu bertujuan "mengurung roh mBah Galunggung di makam itu," kata Ny. Adisurya. TAPI "makam" itu ternyata tak direstui oleh Walikota Tasikmalaya Oman Rusman. Bangunan itu kemudian diperintahkannya untuk dibongkar. Pendeta Adisurya kabarnya marah. Keris pusakanya dicabut lagi (11 Juli), begitu juga sebuah batu pusaka yang konon penolak bala. Roh mBah Galunggung, begitu kisah Ny. Adisurya, dikembalikan suaminya ke Gunung Galunggung. Dan kebetulan, dua hari kemudian Galunggung meletus lagi. 

Berbagai upacara mistik itu membuat was-was para pejabat agama. Departemen Agama lantas membentuk Tim Dakwah Penanggulangan Bencana Galunggung. Tapi upaya mistik, terakhir 26 Juli, masih memikat perhatian. Tatang Permana, 40 tahun, ahli kebatinan dari Banyuwangi, Jawa Timur, hari itu naik ke kawah Gunung Jadi (anak Gunung Galunggung) dan menyerahkan sesajen berupa 40 butir telur ayam dan 40 cangkir kopi. Toh dua hari kemudian Galunggung meletus lagi, malah sampai tiga hari berturut-turut. Domba, sapi, keris, telur dan kopi rupanya terbuang percuma.

Sejarah Gunung galunggung ?Menurut misteri, asal usul, Mitos Sejarah Gunung galunggung dimulai pada abad ke XII. Di kawasan ini terdapat suatu Rajyamandala (kerajaan bawahan)Galunggung yang berpusat di Rumantak, yang sekarang masuk dalam wilayah Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari, Tasikmalaya.

Tempat Sejarah Gunung galunggung merupakan salah satu pusat spiritual kerajaan Sunda pra Pajajaran, dengan tokoh pimpinannya Batari Hyang pada abad ke-XII. Saat pengaruh Islam menguat, pusat tersebut pindah ke daerah Pamijahan dengan Syeikh Abdul Muhyi (abad ke XVII) sebagai tokoh ulama panutan.

Sumber prasasti Geger Hanjuang yang ditemukan di sana menyebutkan bahwa pada tahun 1033 Saka atau 1111 Masehi, Batari Hyang membuat susuk/ parit pertahanan. Peristiwa nyusuk atau pembuatan parit ini berarti menandai adanya penobatan kekuasaan baru di sana (di wilayah Galunggung). Sementara naskah Sunda kuno lain adalah Amanat Galunggung yang merupakan kumpulan naskah yang ditemukan di kabuyutan Ciburuy, Garut Selatan berisi petuah?petuah yang disampaikan oleh Rakyan Darmasiksa, penguasaGalunggung pada masa itu kepada anaknya.

Sementara Prabu Jaya Pakuan alias Bujangga Manik, seorang resi Hindu dari Kerajaan Sunda, Pakuan Pajajaran yang telah melakukan dua kali perjalanan dari Pakuan Pajajaran ke Jawa sempat menuliskan Galunggung dalam catatan perjalanannya. Namun demikian tak banyak informasi mengenai Galunggung yang didapat dari naskah ini. Sadatang ka Saung Galah, sadiri aing ti inya, Saung Galah kaleu(m)pangan, kapungkur Gunung Galunggung, katukang na Panggarangan,ngalalar na Pada Beunghar, katukang na Pamipiran. (Sesampai di Saung Galah berangkatlah aku dari sana ditelusuri Saung Galah, Gunung Galunggung di belakang saya, melewati Panggarangan, melalui Pada Beunghar, Pamipiran ada di belakangku.)

Mengganggu Penerbangan British Airways-9

British Airways (BA) Penerbangan 009 adalah sebuah penerbangan British Airways yang dimulai dari Heathrow, London menuju Auckland di Australia, dengan pemberhentian di Bombay, Madras, Kuala Lumpur, Perth, dan Melbourne.

Pada 24 Juni 1982, rute ini dipakai oleh City of Edinburgh, nama sebuah 747-236B nomor registrasi G-BDXH. Pesawat tersebut terbang menuju awan abu gunung berapi dari letusan Gunung Galunggung dimalam hari, membuat seluruh mesin mati, dan mesin mati tersebut tidak diketahui kru darat karena terganggunya sistim radio.

Ilustrasi pesawat jumbo jet Boeing 747 British Airlines penerbangan-9 saat melewati awan debu. Terlihat debu panas gunung Galunggung menghantam badan pesawat dan membuat badan serta sayap terlihat berpendar dan bercahaya lalu debu Galunggung mematikan keempat mesinnya. (picture courtesy: wikipedia)

Kejadian bermula setelah BA-9 transit di Kuala Lumpur selama perjalanannya dari London. Kemudian pesawat melanjutkan penerbangan ke selatan, arah Auckland di Australia sebagi tujuan terakhirnya.

Saat kejadian, pesawat sudah berada di selatan pulau Jawa bagian baratnya, disekitar wilayah udara Pelabuhanratu, dan disaat itulah mesin mulai terganggu.

Lalu mesin pesawat raksasa Boeing 747 tersebut mulai terganggu dan secara tiba-tiba mati. Tak lama kemudian, diikuti oleh mesin kedua yang juga tiba-tiba mati.

Hal itu diikuti oleh kedua mesin terakhir yang juga ikut mati. Maka akhhirnya keempat mesin pesawat itu semuanya mati tanpa diketahui oleh kapten dan krew, kenapa dan apa penyebabnya?!

British Airways Flight-9

Kemudian kapten pilot mengambil keputusan untuk berbalik arah ke Jakarta dan mendarat darurat disana.

Saat berbalik arah itulah keempat mesin Boeing akhirnya mati total, tak mau dinyalakan kembali. Pesawat pun terbang tanpa satupun mesin yang menyala!

Pesawat kemudian dialihkan oleh traffic air control ke bandara Halim Perdanakusuma Jakarta dan berharap agar mesin mereka dapat menyala dan mendarat di sana.

Pesawat ini akhirnya dapat keluar dari awan abu gunung Galunggung, dan menyalakan kembali mesin (walaupun gagal sekali lagi), dan dapat mendaratkan pesawat dengan selamat di Bandara Halim Perdanakusuma. Tak satupun orang terluka.

Hingga ada salah satu penumpang bernama Betty Tootell menuangkan pengalaman dramatisnya tersebut ke dalam sebuah buku berjudul “All Four Engines Have Failed“.

Dan untuk mengenang peristiwa tersebut, mereka semua seluruh penumpang dan krew pesawat akhirnya membentuk club yang mereka namai Galunggung Gliding Club.

Club tersebut dibentuk selain untuk mengenang peristiwa tersebut juga agar sesama penumpang dapat tetap berhubungan diantaranya sebagai bentuk rasa persamaan pengalaman dan persaudaraan.

Program Air Crash Investigation besutan National Geographic juga merekonstruksi peristiwa yang sangat dramatis tersebut dengan judul Falling From The Sky melalui program acaranya.

Karena begitu heroik dan dramatisnya peristiwa tersebut, membuat Discovery Channel akhirnya juga membeli hak siar untuk program Air Crash Investigation.
Title : CERITRA MISTIK DIBALIK MELETUSNYA GUNUNG GALUNGGUNG 1982
Description : CERITRA MISTIK DIBALIK MELETUSNYA GUNUNG GALUNGGUNG 1982 40 cangkir kopi buat galunggung DAUN hanjuang dan bambu kuning kini menghia...

50 Responses to "CERITRA MISTIK DIBALIK MELETUSNYA GUNUNG GALUNGGUNG 1982"

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    BalasHapus
  3. Hi, I’m Smith warner. I’m a student living in Miami, Florida. I am a fan of technology, design, and software. I’m also interested in web development and Software. You can visit my website with a click on the button Below.

    Mcafee.com/activate
    Mcafee activate
    Mcafee Activate 25 digit code
    norton.com/setup
    norton setup
    office.com/setup
    office setup
    office.com/setup
    office setup

    BalasHapus
  4. In addition, unless you have moved your server to a virtual environment sometime over the last few years, office 365

    BalasHapus
  5. You share a piece of awesome information…
    Need help for Microsoft Office 2010 setup on your PC? We can set-up, configure office.com/setup, & customize the suite as you want. tech experts are here 24x7! To call us now, dial +1-855-619-5888 or visit on http://officeoffice-us.com
    office.com/setup
    www.office.com/setup
    office setup

    BalasHapus
  6. Download office setup and enter the product key in story to office.com/setup and profit portion of be high and sober going concerning for put into taking in the in the tally going on more to effect Office setup after installation in metaphor to speaking your computer as speedily as startup apps if windows along in the craving of mammal of hit put into squabble out or mac hit the gear button regard as creature the share for an complimentary skepticism your hands no psychoanalysis in fable to repaired as speedily as office setup investigate experts Alert to put into doling out office apps to profit bond of not found to use it, resolve office setup installation due to memory file not found.

    BalasHapus
  7. Why Do errors Appear while Installing Office?
    The office is one of the most important, best and therefore the top-rated Productivity Software within the market. Office.com/Setup
    This just creates an area for a lot of errors and warnings for the software to possess while installing or while running. there's a transparent need for the software to run on a system that doesn't have any fault and has all the dependencies within the system to run office smoothly, in case any of the need isn't met, the software will simply produce a mistake or a warning which will not allow you to continue the method till the error is fixed and removed in order that you'll have smooth and delightful running software with none problem. If the errors were made to be ignored, it could cause data loss later, so these errors and warnings are permanent.

    BalasHapus

  8. This is very informative post, good work, i like this content and wish to read more from you. Thanks for such a informative post. i also like to share some useful links.
    McAfee Antivirus login is one of the most popular antivirus among internet users all across the globe.

    BalasHapus
  9. what is roku tv Roku makes it easy and affordable to watch your favorite TV. Roku devices act as the home for all of your entertainment so you can streamline your setup, replace your expensive cable equipment, and watch what you love all while saving money.

    BalasHapus
  10. www.office.com/setup – To Install Office setup Enter office setup product key and activate, setup office, visit Microsoft office at www.office.com/setup and Get Installed.office.com/setup - To Install Office Setup office.com/setup Enter Office Setup Product Key and activate, setup office product, visit Microsoft Office at office.com/setup and Get Started.

    BalasHapus
  11. Hi, I’m so glad I found your blog, I stumbled upon you when I was already viewing other content on Google, I’m here now and want to thank you for this great post.
    And the surrounding entertainment sites please continue to maintain good work.
    avast premium license key
    tunnelbear crack
    yousician crack
    eset smart security crack

    BalasHapus
  12. Amazon Prime is a paid streaming service that can be accessed online.www.amazon.com/mytvIt is available at. You have access to many services, including fast delivery, unlimited online video, movies online, and prime videos. Amazon Prime membership members can access instant video for free, or they can pay a fee to watch them.

    amazon.co.uk/mytv
    amazon.co.uk/mytv
    amazon.co.uk/mytv
    amazon.co.uk/mytv sign in
    amazon.co.uk/mytv
    amazon.co.uk/mytv
    amazon.co.uk/redeem

    BalasHapus
  13. Amazon Prime Video allows clients to download their top shows and videos to view later. This option is great for clients who want to enjoy Amazon Prime Video in disconnected mode. If you have registered your devices using amazon.com/mytv, you will be able to view the downloaded videos immediately on your device. Follow the below steps to download your top-rated videos from Amazon Prime Video.
    amazon.com/code
    www.amazon.com/mytv
    www.amazon.com/mytv enter code
    primevideo/mytv enter code
    primevideo/mytv enter code

    BalasHapus
  14. Amazon Prime video allows clients to download videos in three different formats, such as SD, HD, or 4k Ultra HD. Clients can then download the video according to their preference.
    www.amazon.com/code
    amazon/mytv
    paypal login
    paypal login
    www.amazon.com/code

    BalasHapus
  15. www.amazon.com/mytv: Enter the amazon activation code/amazon myTV code shown on your smart TV screen at Amzaon.com/mytv to register your compatible device with Amazon Prime. Enjoy unlimited movies and other web shows.
    amazon/mytv
    roku.com/link
    tubi.tv/activate
    espn.com/activate
    target.com/checkbalance

    BalasHapus
  16. Thank you for the information from the article, hopefully it will be useful for us all, the more successful it will be
    Ezdrummer Crack
    Teamviewer Crack
    freemake video converter crack
    ardamax keylogger crack

    BalasHapus
  17. QuickPay Portal | www.quickpayportal.com | Pay Your Medical Bill


    Pay Your Medical Bill using www.quickpayportal.com and Make a quick and fast payment online using the QuickPay Portal. Just find your QuickPay Code on your billing statement and and you're ready to go



    quickpayportal.com


    quickpayportal.com


    quickpayportal.com

    BalasHapus
  18. In addition to that, the quick aol mail login process is something that allows users easy access to their accounts.

    BalasHapus
  19. It was just as enjoyable for me as it was for you.
    I like the drawing and your writing style.
    Please continue to shake to your heart's content.
    Here are the details: uncomfortably quick, but no doubt
    again, as is virtually often the case if you promote this stroll inside.
    corel painter crack
    filebot crack
    speedify crack
    kmsauto crack

    BalasHapus
  20. pc matic customer service number if you want to add whitelist in pcmatic it give you the completely block of viruses, malware and ransomware with unauthorized access of your pc and your network pc matic customer service number.

    BalasHapus
  21. system mechanics professional is the best antivirus and real time protection that protect your pc and malware, trojan horse and many kind of latest viruses and give you the best experience of while using your systemmechanic activate.

    BalasHapus
  22. Disney Plus is a subscription streaming service that aims to bring the disneyplus.com/begin experience to the whole family. The service features a variety of content from Marvel, Star Wars, Pixar, and Disney movies and TV shows. Disneyplus is a subscription streaming service from Disney, which will include programming from Marvel, Star Wars, Pixar and Disney.

    BalasHapus

  23. Plex is a godsend for those who find it difficult to manage their media files and want to access them through various devices. Today, there are myriad choices of TV shows, movies, and other types of entertainment. With the vast array of options available in our arsenal, it rarely becomes too difficult to manage media files. plex.tv/link provides a viable solution to this problem, it offers options to use your files on any device compatible with it, without having to transfer the files every time you want to use them.

    BalasHapus
  24. I like your all post. You have done really good work. Thank you for the information you provide, it helped me a lot. I hope to have many more entries or so from you.
    Very interesting blog.https://vstmania.net/
    cracxfree.com Crack
    Ardamax Keylogger Crack
    Betternet VPN Premium Crack
    iStripper Pro Crack

    BalasHapus
  25. Dr. P.K. Gupta has successfully treated males and females of all ages who suffer from sexual issues. Gupta gives the most effective treatment that combines counseling, medications and, in certain cases, surgery. He is a well-known and reliable sexologist in delhi that is treating sexual issues for nearly 20 years.

    BalasHapus
  26. Such a great blog, it's very informative.
    https://windowsactivators.org/smadav-pro-crack/

    BalasHapus

  27. These steps are used to link your big screen devices like Android TV, Smart TV and Apple TV etc. As you know, typing your password on such devices can be a bit tricky. plex.tv/link


    BalasHapus
  28. If you want to see Plex using widescreen software like Android TV, Smart TV, and then appletv EX T, you should definitely connect your TV to your Plex TV account.plex tv code

    BalasHapus
  29. If you want to see Plex using widescreen software like Android TV, Smart TV, and then appletv EX T, you should definitely connect your TV to your Plex TV account. plex.tv link

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. Drift Tyres: Your Ultimate Hub for Tire Services, Repairs, Replacements, and Car Repair Solutions with 24/7 Roadside Assistance in Dubai

    Tyres Online
    Buy Tyres Online
    Tyre shop in Dubai
    Online Tyre Shop
    Buy tyre online

    BalasHapus

Dapatkan GEMS Clash Of Clans Gratis SEKARANG!!!!

www.free-gems-coc.hol.es